Home » Kongkow » Materi » Sumber dan Manfaat Beta Cryptoxanthin

Sumber dan Manfaat Beta Cryptoxanthin

- Senin, 20 Desember 2021 | 12:00 WIB
Sumber dan Manfaat Beta Cryptoxanthin

Beta cryptoxanthin adalah salah satu jenis dari keluarga karotenoid. Jenis lain dari karotenoid adalah alpha karoten dan juga beta karoten. Beta cryptoxanthin merupakan jenis karotenoid yang di rubah menjadi vitamin A. keluarga yang lain seperti alpha karoten dan juga beta karoten juga merupakan jenis karotenoid yang di ubah menjadi vitamin A.

Semua yang termasuk keluarga karotenoid memiliki warna khas yang membuatnya berbeda. Warna tersebut bisa di lihat dari jenis makanan yang mengandung karotenoid. Alpha karoten memiliki warna pada makanan jingga dan merah, sedangkan makanannya seperti cabai dan juga wortel.

Baca juga: Mengenal Manfaat Zinc Bagi Kesehatan Tubuh

Beta karoten biasanya terkandung pada makanan yang berwarna merah, jingga sampai warna hijau, sedangkan makanannya seperti ubi jalar, sayuran hijau. Manfaat beta cryptoxanthin berwarna kuning oranye yang terdapat pada buah dan sayuran.

Ada banyak jenis dari keluarga karotenoid, seperti lutien, zeasantin, dan licopene. Tapi semua karotenoid tersebut tidak bisa berubah menjadi vitamin A. Beta cryptoxanthin merupakan salah satu senyawa yang juga larut dalam lemak. Hal ini yang menyebabkan manfaat beta cryptoxanthin saat masuk ke dalam tubuh, lemak di butuhkan untuk melarutkannya menjadi vitamin A.

Jenis karotenoid seperti alpha karoten, beta karoten dan beta cryptoxanthin adalah komponen utama dalam provitamin A. Alpha karoten dan Beta cryptoxanthin menyumbang 1/24 jumlah vitamin A yang ada di dalam tubuh. Sedangkan beta karoten menyumbang 1/12 jumlah vitamin A yang ada di dalam tubuh.

Baca juga: Sumber dan Manfaat Fruktosa Bagi Tubuh

Manfaat Beta Cryptoxanthin

Sebagai salah satu kandungan yang dapat berubah menjadi vitamin A, membuat manfaat beta cryptoxanthin sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari beta cryptoxanthin di dalam tubuh :

a. Sebagai vitamin A

Manfaat beta cryptoxanthin adalah sebagai vitamin A. Seperti yang sudah di jelaskan bahwa beta cryptoxanthin mampu menyumbang jumlah vitamin A sebesar 1/24 di dalam tubuh. Manfaat beta cryptoxanthin tersebut bekerja berdampingan dengan alpha karoten dan beta karoten sebagai provitamin A.

b. Sebagai Anti Oksidan

Vitamin A di percaya adalah sebagai zat anti oksidan yang mampu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Manfaat beta cryptoxanthin mampu memberikan perlindungan anti oksidan dari serangan radikal bebas di dalam tubuh. Penuaan dini yang semakin mudah terjadi akan dapat di hindari dengan asupan yang cukup manfaat beta cryptoxanthin.

Memang kandungan beta cryptoxanthin di dalam makanan tidak sebesar kandungan beta karoten. Tapi dengan memilih makanan yang tentunya mengandung banyak manfaat beta cryptoxanthin, maka asupan vitamin yang di dalam beta cryptoxanthin di dapat dengan maksimal.

Baca juga: Manfaat Dan Dampak Isoleusin Untuk Tubuh Manusia

c. Pencegahan Terhadap Kanker

Asupan zat karotenoid untuk tubuh dengan maksimal dapat menghindarkan resiko terkena serangan kanker. Senyawa karotenoid mampu menangkal perkembangan dari sel kanker di dalam tubuh. Manfaat beta cryptoxanthin dalam hal ini memang tidak akan lepas dari vitamin A yang memiliki sifat anti oksidan untuk melawan efek radikal bebas yang buruk. Berbagai jenis kanker dapat di hindari dengan asupan beta cryptoxanthin yang maksimal seperti kanker usus besar, kanker tenggorokan dan kanker paru-paru.

d. Pengobatan Gangguan Saluran Pernapasan

Jika Anda terkena gangguan pada saluran pernapasan seperti ISPA atau juga Bronkitis dapat di atasi dengan manfaat beta cryptoxanthin ini.  Dengan meningkatkan asupan beta cryptoxanthin ini makan akan membantu meningkatkan kapasitas paru-paru. Walaupun belum terkena gangguan saluran pernapasan, meningkatkan asupan beta cryptoxanthin dapat menurunkan resiko terhadap gangguan saluran pernapasan.

e. Mencegah Penyakit Pada Jantung

Sifat anti oksidan dari manfaat beta cryptoxanthin ini juga mampu mencegah oksidasi dari kolesterol HDL. Kondisi ini akan mencegah terjadinya jantung koroner .

Efek Samping Kelebihan dan Kekurangan Beta Cryptoxanthin

Sampai saat ini belum di temukan dosis yang pas untuk kebutuhan manfaat beta cryptoxanthin. Karena masih sangat jarang sekali ada orang yang sakit karena kelebihan asupan beta cryptoxanthin. Kondisi ini di sebabkan oleh kandungan beta cryptoxanthin di dalam makanan tidak sebesar kandungan beta karoten.

Beta cryptoxanthin sendiri merupakan vitamin A. Jika kelebihan asupan manfaat beta crytoxanthin bisa menyebabkan gangguan pada hati, telapak tangan, dan juga pada telapak kaki yang berubah jadi berwarna kuning. Tapi gangguan tersebut tidaklah mengancam kesehatan dengan serius. Dengan menurunkan tingkat asupan beta cryptoxanthin maka penyakit itu akan hilang.

Banyak juga yang beranggapan bahwa manfaat beta cryptoxanthin jika di konsumsi secara berlebih akan menyebabkan diare. Penyebab utama diare bukanlah beta cryptoxanthin ini. Kandungan beta cryptoxanthin memang banyak terdapat pada sayuran yang memiliki banyak serta. Kandungan serat memang baik, tapi jika berlebihan maka akan menyebabkan masalah pencernaan seperti diare.

Sumber Beta Cryptoxanthin

Manfaat beta cryptoxanthin banyak sekali terdapat pada sumber makanan nabati. jika kita ingin meningkatkan asupan beta cryptoxanthin kita bisa memperbanyak sayuran dan juga buah yang terutama memiliki warna kuning oranye sesuai dengan ciri khas manfaat beta cryptoxanthin.

Anda dapat memperoleh kandungan beta cryptoxanthin pada makanan seperti berikut ini :

a. Mangga: Mangga memiliki kandungan beta cryptoxanthin yang di cirikan daging buahnya berwarna kuning oranye. Selain itu mangga juga mengandung vitamin C, dan juga E.

b. Labu: Labu juga mengandung alpha karoten dan beta karoten di samping manfaat beta cryptoxanthin di dalamnya.

c. Pepaya: Di dalam 100 gr buah pepaya terdapat sekitar 761 mcg kandungan manfaat beta cryptoxanthin

Makanan yang mengandung  beta cryptoxanthin yang lain adalah nanas, jeruk kuning, wortel dan juga ubi jalar. Itulah beberapa makanan yang mengandung beta cryptoxanthin

Sumber :
Cari Artikel Lainnya