Home » Kongkow » Tahukah Kamu » Mengapa Kacamata Bisa Membantu Kita Melihat

Mengapa Kacamata Bisa Membantu Kita Melihat

- Sabtu, 22 Agustus 2020 | 14:00 WIB
Mengapa Kacamata Bisa Membantu Kita Melihat

Mata kita bisa melihat karena cahaya memasuki setiap mata. Mata kemudian menciptakan pesan yang dikirimkan ke otak.
Mengapa Kacamata Bisa Membantu Kita Melihat
Bola mata itu sendiri sebenarnya tidak “melihat”, tetapi otak melihat. Bola mata hanya mengambil gambar, seperti dua kamera kecil. Untuk melihat dengan benar, setiap bola mata perlu mengirim cahaya yang masuk ke tempat yang sangat tepat di dalam bola mata, yang disebut retina. Jika cahaya jatuh ke tempat yang salah, penglihatan kita akan kabur.

Banyak orang tidak membutuhkan kacamata dan bisa melihat dengan baik. Ini karena bola mata mereka memfokuskan cahaya dengan benar ke retina.

Namun, beberapa orang memiliki bola mata yang terlalu panjang. Mereka inilah yang disebut disebut “rabun dekat.” Bagi orang-orang ini, hal-hal yang jauh, seperti tanda-tanda jalan atau papan tulis kelas, dapat terlihat buram.

Mengapa Kacamata Bisa Membantu Kita Melihat

Beberapa prang Membutuhkan kacamata untuk bisa melihat lebih jelas


Orang lain memiliki bola mata yang terlalu pendek. Mereka ini disebut “rabun jauh” dan hal-hal yang dekat dengan mereka, seperti buku atau telepon seluler, dapat terlihat buram.

Kedua orang yang berpenglihatan pendek dan berpenglihatan jauh membutuhkan kacamata untuk membantu mereka melihat dengan jelas.

Kacamata bekerja dengan membantu bola mata untuk memfokuskan cahaya ke tempat yang benar, retina. Hanya dengan begitu mata bisa melihat dengan jelas.

Mengapa Kacamata Bisa Membantu Kita Melihat

Kacamata membantu orang melihat dengan membengkokkan cahaya yang masuk ke bola mata sehingga mendarat di tempat yang tepat.

Mungkin kita memiliki nenek atau kakek yang memakai kacamata kapan pun mereka pada saat membaca buku atau menggunakan ponsel. Ketika orang semakin tua, mereka biasanya menjadi sedikit berpenglihatan jauh ke depan. Itu karena bagian dari mata mereka yang disebut lensa menjadi kaku dan tidak berfungsi dengan baik.

Saat ini semakin banyak orang muda maupaun anak-anak di dunia membutuhkan kacamata untuk melihat dengan jelas.

Beberapa ilmuwan berpikir bahwa anak-anak yang menghabiskan terlalu banyak waktu di dalam lebih mungkin membutuhkan kacamata. Hak ini  bisa saja karena mereka tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup atau jika mereka hanya membaca terlalu banyak atau bermain terlalu banyak video game ketika mereka tiba di rumah.

Sebagian besar anak-anak di Cina tidak memiliki pandangan dan membutuhkan kacamata untuk melihat hal-hal yang jauh. Pemerintah Cina sangat khawatir tentang hal ini sehingga mereka memastikan semua siswa menghabiskan waktu di luar rumah, bukan hanya berada di dalam kelas.

Mengapa Kacamata Bisa Membantu Kita Melihat

Sebagian besar anak-anak di China mengalami rabun dekat. Mereka harus memakai kacamata untuk melihatnya. Ini mengkhawatirkan para pemimpin Cina

Kacamata dapat menghabiskan banyak uang, dan anak-anak yang membutuhkan kacamata tetapi tidak memakainya tidak cukup bagus di sekolah. Setelah kita membutuhkan kacamata, kita biasanya membutuhkannya untuk selamanya. Mata kita tidak akan kembali normal dengan sendirinya.

Kita berharap suatu hari nanti kita dapat mengetahui mengapa bola mata orang menjadi terlalu panjang atau terlalu pendek dan kemudian kita dapat menghentikan orang-orang yang perlu memakai kacamata sejak awal. Maka orang tidak akan pernah kehilangan atau melupakan kacamata mereka lagi!

Cari Artikel Lainnya