Sudah Tahu Bagaimana cara membuat Gliserol

Oleh : Putri Mahmudah - 11 December 2017 17:00 WIB

Gliserol adalah senyawa serbaguna yang digunakan untuk membuat sabun, lotion, nitrogliserin, pengawet dan pelumas. Memahami struktur gliserol adalah kunci untuk memahami banyak proses yang melibatkan gliserol selama proses pembuatannya.

Struktur

Gliserol, juga dikenal sebagai gliserin, adalah alkohol tiga karbon dengan tiga gugus hidroksi (oksigen dan hidrogen). Di alam gliserol ada sebagai tulang punggung ester asam lemak yang mengandung tiga molekul asam lemak menggantikan tiga gugus hidroksi.

Produksi Alami

Bila ester asam lemak digabungkan dengan alkali untuk membuat sabun, gliserol adalah produk sampingan yang bisa dipisahkan dari sabun. Proses lain yang telah lama digunakan untuk pembuatan gliserol meliputi pemisahan tekanan tinggi ester asam lemak dan transesterifikasi. Baru-baru ini, gliserol telah diperoleh sebagai produk sampingan dari produksi biodiesel.

Produksi Sintetis

Gliserol juga dapat dibuat dari propena, atau propilena, senyawa petrokimia tiga karbon dengan ikatan rangkap. Ketiga gugus hidroksi yang dibutuhkan ditambahkan ke rantai tiga karbon. Produksi sintetis relatif meningkat dibanding produksi alami selama paruh kedua abad ke-20.

 

Tag

Artikel Terkait

Kuis Terkait

Video Terkait

Cari materi lainnya :