Mengenal Lebih Dekat Tradisi Potluck di Lingkungan Kerja

Oleh : Bintang Maulidya - 30 May 2017 12:57 WIB

Dalam lingkungan kerja, menjaga kebersamaan dan keakraban antar pegawai penting untuk dilakukan agar suasana kerja menjadi semakin harmonis dan kondusif. Beragam cara bisa dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan potluck

Apa itu potluck? Potluck adalah sebuah kegiatan atau acara di mana setiap orang atau kelompok orang saling berkontribusi untuk memberikan makanan atau minuman untuk kemudian dikumpulkan menjadi satu dan selanjutnya dimakan bersama-sama. 

Tiap orang biasanya akan dengan sukarela membawa sesuatu yang dirasa mampu untuk dibawa, mulai dari nasi, lauk pauk, sayur, buah, minuman, perlengkapan makan, camilan dan sebagainya. Kegiatan ini dinilai tidak memberatkan karena peserta bebas untuk membawa apapun sesuai dengan kemampuannya. Hanya jumlahnya saja yang harus disesuaikan agar bisa dinikmati oleh rekan-rekan kerja yang lain.

Setelah hari yang ditentukan tiba, makanan, minuman dan perlengkapan makan yang sudah disiapkan akan dibawa ke kantor untuk kemudian dikumpulkan dan ditata sedemikian rupa dalam suatu tempat atau ruangan. Kegiatan ini juga bisa dilakukan di rumah atau di tempat rekreasi tergantung kesepakatan bersama. 

Ketika persiapan sudah rampung, maka semua rekan kantor yang berpartisipasi akan diminta untuk berkumpul. Bahkan rekan kantor yang tidak turut menyumbang makanan atau minuman pun biasanya juga akan dilibatkan untuk mengikuti acara ini. Karena sejatinya hakekat dari kegiatan ini adalah menjalin kebersamaan antara rekan satu kantor. 

Kegiatan potluck ini bukanlah menjadi ajang untuk menilai makanan siapa yang paling enak atau makanan siapa yang paling mahal. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempererat kebersamaan antar rekan satu pekerjaan. 

Dalam keseharian di lingkungan kerja, mungkin tiap-tiap orang akan sibuk dengan pekerjaannya sehingga waktu untuk menjalin keakraban dengan rekan satu kerja menjadi tidak maksimal. Selain itu, tidak menutup kemungkinan pula bahwa diantara rekan kerja bisa saja memiliki sentimen pribadi yang membuat suasana kerja menjadi tidak harmonis.

Tag

Artikel Terkait

Kuis Terkait

Video Terkait

Cari materi lainnya :