MAU JADI SEORANG PELUKIS CAT AIR? PERHATIKAN DULU TIP BERIKUT INI

Oleh : Putri Mahmudah - 10 October 2016 09:49 WIB

Menjadi seorang pelukis cat air ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Teknik lukis yang biasa disebut aquarel ini memiliki tingkat kesulitan tersendiri dibanding teknik melukis lainnya. 

Deskamtoro, salah seorang pelukis yang sudah lama menekuni teknik lukis menggunakan cat air, mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mendalami tentang teknik seni lukis cat air. Yang pertama adalah kemauan untuk belajar dan terus berlatih menekuni teknik melukis menggunakan cat air.

"Yang pertama itu kemauan. Harus mau dulu untuk belajar melukis menggunakan cat air. Karena melukis cat air ini tidak semudah yang dilihat," ujar Deskamtoro, saat berbincang dengan GoHitzbeberapa waktu lalu. 

Deskamtoro mengatakan, kemauan yang kuat akan membentuk loyalitas dan konsistensi dalam berkarya. Dua hal tersebut sangat penting untuk membentuk mental menjadi seorang pelukis cat air.

Yang kedua adalah mengenal alat yang digunakan untuk melukis dengan teknik cat air seperti kertas gambar atau kanvas, kuas, dan cat air itu sendiri. Deskamtoro menyarankan agar memilih alat-alat yang berkualitas bagus agar hasil yang diperoleh juga sesuai dengan yang diinginkan. 

Setelah memiliki kemauan dan mengenal satu persatu alat yang digunakan untuk melukis, Anda kini hanya tinggal bereksperimen dengan menuangkan imajinasi ke dalam sebuah kanvas. Ada satu hal yang harus diperhatikan, yakni Anda salah dalam melukis, goresan Anda tidak bisa dihapus. Itulah kesulitan tersendiri dalam melukis menggunakan teknik cat air. 

Menjadi seorang pelukis cat air memang membutuhkan waktu dan proses. Untuk itu, Deskamtoro berpesan agar para murid yang baru belajar untuk terus berlatih dan melukis menggunakan perasaan agar karya yang tertuang benar-benar berasal dari hati.

"Semua itu main feeling, itu learning by doing. Kalau gagal itu tidak masalah. Kalau misalnya bikin ini tidak bisa, saya harus membuat karya yang lain," imbuhnya.

Deskamtoro berkata,"Itu kreativitas ditumbuhkan. Cat air membentuk kita bermain di imajinasi." 

Tag

Artikel Terkait

Kuis Terkait

Video Terkait

Cari materi lainnya :