Arsitektur Komputer merupakan konsep perencanaan dan juga struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Untuk lebih jelasnya kami akan mengulas materi mengenai materi tentang Arsitektur Komputer mulai dari Pengertian Arsitektur Komputer, Fungsi, Jenis, Klasifikasi, Bagian, Cara Membuat & Faktor Yang Mempengaruhi. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.
Pengertian Arsitektur Komputer
Arsitektur Komputer merupakan konsep perencanaan dan juga struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer adalah ilmu tentang tata cara interkoneksi antara bermacam – macam komponen perangkat keras (hardware) agar dapat melahirkan sebuah komputer yang melengkapi kebutuhan fungsional, kinerja serta target keuangannya.
Dalam sebuah bidang teknik komputer arsitektur komputer memiliki pengertian lain yakni sebagai suatu ilmu yang tujuannya yakni untuk merancang sebuah sistem komputer. Arsitektur von Neumann / mesin von Neumenn merupakan arsitektur yang berhasil diciptakan oleh John Von Neumann “1903-1957”, hampir semua komputer yang ada saat ini menggunakan arsitektur von neumann.
Pada arsitektur ini sendiri menggambarkan komputer dengan 4 bagian utama, bagian utama tersebut yakni : Unit aritmatika & logis “ALu”, memori, alat masukan, unit kontrol, dan hasil (I/O) kemudian seluruh bagian tersebut dihubungkan dengan rangkaian kawat “bus”.
Sub-Kategori Arsitektur Komputer
Terdapat 3 Sub-kategori dalam arsitektur komputer, yaitu:
- Arsitektur mikro dari ISA
- Set intruksi (ISA)
- Sistem desain dari semua komponen dalam perangkat keras “hardware” komputer ini.
Arsitektur Komputer Adalah Desain Komputer
Arsitektur komputer adalah desain komputer yang meliputi :
- Komponen Hardware (perangkat keras)
- Susunan sistem
- Set intruksi
Jenis-Jenis Arsitektur Komputer
Jenis-jenis arsitektur komputer yakni adalah:
- Komputer MISD
- Komputer MIMD
- Komputer SISD
- Komputer SIMD
Klasifikasi Arsitektur Komputer
Mesin Von Neumann
Kriteria Mesin Von Neumann, seperti berikut ;
- Terdapat subsistem perangkat keras yakni sebuah Central Processing Unit (CPU), sebuah memori & sebuah I/O sistem
- Merupakan stored-program computer
- Mengoperasikan instruksi dengan cara berurutan
- Mempunyai jalur (path) bus antara memori dengan CPU
Flyyn (1966), mengklasifikasikan arsitektur komputer dari sifatnya seperti berikut:
- Jumlah prosesor
- Jumlah program yang dapat dioperasikan
- Struktur memori
Berku ini merupakan faktor-faktor yang menjadi pengaruh keberhasilan arsitektur komputer, antara lain:
- Manfaat Arsitektural
- Biaya sistem
- Kinerja sistem
Terdapat 4 ukuran penting yang menjadi penentu keberhasilan arsitektur, yakni manfaat arsitekturalnya yakni:
- Aplicability (Penerapan)
- Maleability (Kelenteruan)
- Expandibility (Dapat Diperluas)
- Comptible
Bagian Pokok Arsitektur Komputer
Memiliki 2 bagian pokok pada arsitektur komputer, yakni:
- Instructure Set Architecture ialah spesifikasi yang menentukan bagaimana progammer bahasa mesin berinteraksi terhadap komputer.
- Hardware System Architacture ialah subsistem hardware dasar yakni seperti: CPU, Memori & OS.
Cara-Cara Membuat Transformasi Di Arsitektur Komputer
Beriku ini adalah beberapa cara dalam membuat transformasi di arsitektur yakni:
- Merancang atau membuat array prosesor
- Mengaplikasikan proses pipelining
- Membuat komputer dengan multiprosesor
- Membuat komputer dengan arsitektur lain
Atribut yang dipakai untuk mengukur kualitas dari Arsitektur Komputer
Terdapat atribut yang digunakan guna mengukur kualitas dari arsitektur komputer adalah:
- Generalitas
- Applicability atau daya serap
- Efisiensi
- Mudah memakainya
- Expandibility atau daya kembang
- Maleability atau daya tempa
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Arsitektur Komputer
Berikut ini merupakan beberapa faktor yang dapa mempengaruhi keberhasilan arsitektur komputer yakni:
1. Manfaat Arsitektural
- Aplicability (Penerapan)
- Meability (Kelenturan)
- Expandibility (Dapat Diperluas)
- Comptible (Cocok)
2. Kinerja Sistem
Kinerja Sistem yakni suatu pengukur kinerja sistem memiliki serangkaian program standar yang dijalankan atau bisa di sebut dengan Benchmark pada komputer yang akan diuji ukuran kinerja CPU:
- Million Floating Point PerSecond (MFLOP)
- Million Instruction PerSecond (MIPS)
- VAX Unit of Performanca (VUP)
3. Ukuran kinerja I/O sistem:
- Operasi I/O perdetik
- Sistem operasi bandwith
4. Ukuran kinerja memori:
- Memori bandwith
- Ukuran memori
- Waktu akses memori
5. Biaya Sistem
Biaya sistem maksudnya yakni biaya yang bisa diukur dalam banyak cara yaitu:
- Reabilitas
- Mudah dalam perbaikinya
- Pemakaian daya
- Interface sistem software
- Berat
- Kekebalan
Demikianlah ulasan kami mengenai materi Pengertian Arsitektur Komputer, Fungsi, Jenis, Klasifikasi, Bagian, Cara Membuat & Faktor Yang Mempengaruhi, Semoga bermanfaat.