Apakah Pohon Juga Perlu Tidur Di Malam Hari?

Oleh : Nurul Marta - 14 March 2020 11:12 WIB

Hampir semua makhluk hidup membutuhkan tidur pada saat malam hari, termasuk kita sebagai manusia. Lalu apakah pohon yang sama-sama makhluk hidup membutuhkan tidur di malam hari?

Menurut para ilmuwan, cara tidur pohon adalah dengan menyantaikan cabang pohonnya saat malam hari. Hal itu dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan para ilmuwan terhadap pohon birch (Betula pendula).

Para peneliti pertama-tama menyiapkan dulu laser untuk mengukur pergerakan dua pohon birch di malam hari. Satu pohon itu terletak di Finlandia, dan yang satu lagi terletak di Australia. Keduanya di pantau dari senja sampai pagi ketika malam berangin pada bulan September.

Scanner laser yang digunakan menggunakan sinar inframerah untuk menerangi bagian berbeda dari pohon yang sedang dipantau yang berfungsi menunjukan detail pergerakan bagian pohon setiap menitnya.

alt="Apakah Pohon Juga Perlu Tidur Di Malam Hari?" src="https://www.wowmenariknya.com/wp-content/uploads/2016/05/pohon-tidur-di-malam-hari-2.jpg" style="height:298px; width:400px" />

Cabang dan daun pohon birch melorot pada saat malam hari. Cabang pohonnya mencapai posisi terendah beberapa jam sebelum matahari terbit dan kemudian cabang tersebut kembali lagi ke posisi semula.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa seluruh pohon terulai selama malam, yang dapat dilihat sebagai perubahan dari cabang dan daun,” tulis pimpinan peneliti, Eetu Puttonen, seorang peneliti di Finalndia Geospasial Research Institute, seperti dilansir Live Science.

“Perubahan tidak terlalu besar hanya sampai 10 cm untuk pohon dengan ketinggian mencapai 5 meter,” tambahnya.

Tidak jelas apakah matahari yang membangunkan para pohon atau mereka memiliki jam internal sendiri untuk bangun. Tapi menurut fakta bahwa cabang pohon mulai kembali ke posisi semula sebelum matahari terbit, membuktikan kalau pohon memiliki jam alamiah sendiri,

Tag

Artikel Terkait

Kuis Terkait

Video Terkait

Cari materi lainnya :