Home » Kongkow » Tahukah Kamu » 5 MANFAAT LAMPU LED YANG BELUM BANYAK ORANG KETAHUI. TERNYATA…

5 MANFAAT LAMPU LED YANG BELUM BANYAK ORANG KETAHUI. TERNYATA…

- Jumat, 02 Agustus 2019 | 11:04 WIB
5 MANFAAT LAMPU LED YANG BELUM BANYAK ORANG KETAHUI. TERNYATA…

Saat akan memilih lampu untuk menerangi rumah, banyak yang menyarankan untuk memilih lampu LED. Bila dibandingkan dengan lampu bohlam, jenis LED memang lebih mahal harganya. Tanpa diketahui ternyata banyak lho manfaat lampu LED yang dapat dirasakan pemilik rumah. Ini dia lima di antaranya.

5 Manfaat Lampu LED untuk Penggunanya

1. Hemat Tenaga dan Murah

Manfaat Lampu LED

Bila kamu bertanya-tanya tentang manfaat lampu LED maka inilah yang akan paling sering didengar: Lampu LED terkenal dengan sifatnya yang hemat tenaga. Perlu kamu tahulampu LED hanya menggunakan 1/30 energi yang biasa dibutuhkan sebuah bohlam. Hal inilah yang kemudian membuat lampu satu ini jadi tidak terlalu memakan energi dan membantu menghemat biaya listrik.

2. Ukuran yang Lebih Mungil

Manfaat Lampu LED

Karakteristik lampu LED lainnya yang tak kalah menguntungkan ialah ukuran dari setiap lampunya. Lampu ini sangat kecil sehingga dapat digunakan di area atau ruangan yang tak bisa dimasuki bohlam biasa. Ukuran lampu LED biasanya berkisar antara 3 hingga 8 mm. Lampu-lampu ini pun bisa digunakan secara individual atau berangkaian. Sebagai tambahan lagi, lampu LED memancarkan cahaya kea rah yang spesifik sehingga tidak terlalu memancarkan panas.

3. Tahan Lama

Manfaat Lampu LED

Fakta menarik lain mengenai manfaat lampu LED yaitu penggunaannya yang cukup panjang dan tahan lama. Disebutkan, lampu ini dapat bertahan hingga 30 ribu sampai 50 ribu jam pemakaian. Waktu penggunaannya ini jauh lebih lama dibandingkan bohlam biasa yang hanya dapat digunakan sekitar 1.000 – 2.000 jam pemakaian. Sementara itu lampu CFL (flouresen) yang diklaim awet juga hanya bisa menyala sekitar 8 ribu – 10 ribu jam. Inilah mengapa lampu LED dapat membuatmu menghemat banyak uang walau harus membayar mahal untuk membelinya di muka.

4. Tidak Panas

Manfaat Lampu LED

Seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama, lampu LED memiliki arah pancaran yang fokus. Ternyata selain itu, lampu ini pun tidak memancarkan panas ke dalam ruangan. Faktanya, lampu bohlam biasa bukan hanya mememancarkan cahaya namun juga punas. Sebanyak 90% dari energinya berubah menjadi panas dan hal tersebut sangatlah sia-sia. Di sisi lain, lampu flouresen memancarkan 80% energinya menjadi panas. Sementara itu lampu LED tetap dingin sehingga energinya sangat efisien.

5. Memancarkan Cahaya Putih

manfaat lampu LED

Tiap jenis lampu memiliki pancaran cahaya yang berbeda.

Sebagai contoh, lampu bohlam memiliki warna kuning yang hangat sementara. Lampu flourens punya pancaran yang cenderung biru atau hijau sehingga membuat atmosfer ruangan jadi dingin. Selanjutnya lampu LED memproduksi pancaran cahaya putih yang sangat sempurna sehingga membuat penerangan di ruangan rumah jadi lebih nyata.

***

Kelimat manfaat lampu LED di atas tadi sangat dipengaruhi oleh kualitasnya. Bila lampu tersebut didesain dengan kualitas yang buruk, maka seluruh manfaatnya pun tidak bisa terasa dengan baik. Lampu LED pun jadi tidak efisien, tak tahan lama, bahkan mungkin akan membuatmu mengeluarkan banyak uang. Oleh karena itu, pastikan kamu memeriksa kualitas lampu LED tersebut sebelum membelinya ya,! Semoga ulasan di atas bermanfaat untukmu. 

Cari Artikel Lainnya