Home » Kongkow » Materi » Mengenal Manfaat Zinc Bagi Kesehatan Tubuh

Mengenal Manfaat Zinc Bagi Kesehatan Tubuh

- Senin, 20 Desember 2021 | 09:00 WIB
Mengenal Manfaat Zinc Bagi Kesehatan Tubuh

Zinc adalah salah satu dari mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia. Zinc merupakan unsur logam Zn dengan nomor atom 30 atau dalam bahasa Indonesia sering di sebut dengan seng.

Manfaat zinc tidak hanya bagi tubuh manusia, tapi zinc juga sangat di perlukan untuk hewan dan juga tumbuhan. Di dalam tubuh manusia sendiri, zinc sangat berperan dalam fungsi enzim. Sekitar 300 enzim berpengaruh terhadap kehadiran zinc.

Manfaat zinc mampu melindungi selaput sel dari terjadinya kerusakan oksidatif dan juga dapat menstabilkan struktur protein dalam sel. Zinc protein juga mengikat DNA dan juga membantu gen dalam memerintah sel-sel yang akan bekerja di dalam tubuh. Seperti memerintah sel tertentu untuk mati, dalam hal ini yang paling penting bagi proses pertumbuhan, kehamilan, dan juga dalam pencegahan penyakit.

Baca juga: Manfaat Cyanidin Pada Tumbuhan dan Buah - Buahan

Di dalam tubuh manusia yang normal, kandungan zinc tersebut ada sekitar 2 sampai 3 gram yang tersebar dalam berbagai organ penting seperti jaringan lunak, tulang, cairan dan juga sel. Manfaat zinc sangat banyak terdapat pada otot dan tulang yang mengandung sekitar 90% jumlah zinc yang ada di dalam tubuh. selain pada otot dan tulang, kandungan zinc juga banyak terdapat pada kelenjar prostat dan juga semen.

Manfaat Zinc Yang Berperan Aktif Dalam Tubuh

Zinc akan sangat berperan aktif dan penting bagi tubuh karena akan membantu memperkuat sistem imun tubuh dan mensintesis DNA. Manfaat Zinc juga penting untuk anak-anak dalam proses pertumbuhan dan juga untuk penyembuhan luka. Berikut ini beberapa manfaat zinc untuk kesehatan tubuh :

a. Mengatur Sistem Imun Tubuh

Di dalam tubuh terdapat limfosit atau sel T yang dapat di atur dengan manfaat zinc. Fungsi sel T ini adalah mampu melindungi tubuh dengan cara mengatur dan juga mengendalikan respon dari sistem imun. Sel T ini juga mampu menyerang sel kanker yang ada di dalam tubuh. jika asupan zinc kurang maka akan terjadi gangguan pada sel T sehingga menyebabkan mudah sakit.

b. Membantu proses belajar anak

Manfaat zinc dapat sangat membantu dalam menyambungkan antar neuron yang terdapat di dalam otak, sehingga kinerja otak akan bisa lebih di maksimalkan. Hal ini akan sangat membantu proses belajar anak dalam memahami dan mempelajari.

c. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat zinc bisa membantu mempercepat luka untuk sembuh karena zinc mampu melindungi sel kulit dan juga membran mukosa. Pada obat dari dokter biasanya di tambahkan zat zinc agar luka cepat sembuh.

d. Menajamkan penglihatan

Untuk masalah ketajaman penghilatan memang urusan dari vitamin A. Tapi manfaat zinc juga membantu membuat penglihatan menjadi tajam. Kandungan zinc akan mencegah terjadinya kerusakan pada macula yang terletak di dalam retina mata sehingga macula tersebut tetap awet baik.

e. Menjaga kesehatan anak

Manfaat zinc dapat mencegah anak dari serangan berbagai penyakit dan membuat pertumbuhan anak bisa berjalan dengan optimal. Hal ini di karenakan zinc termasuk mikronutrein dan zinc juga berfungsi untuk menjadi salah satu perekat antara penyatuan nukleat dan juga protein yang ada di dalam tubuh. Sehingga sel yang berada di dalam tubuh akan dapat bekerja dengan maksimal .

f. Untuk pertumbuhan remaja

Manfaat zinc dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan remaja. Saat remaja tubuh mengalami produksi hormon yang besar. Kandungan zinc akan sangat berperan penting dalam proses pembentukan hormon tersebut sebagai reaksi biokimia yang ada di dalam tubuh. Ada beberapa hormon yang dalam pembentukannya dibantu oleh zinc antara lain hormon insulin, hormon seks, hormon pertumbuhan dan juga hormon IGF-1. Jika remaja kekurangan zinc maka pertumbuhannya akan terhenti.

Baca juga: Sumber dan Manfaat Fruktosa Bagi Tubuh

Efek Samping Kelebihan dan Kekurangan Zinc

Manfaat zinc memang sangat banyak. Tapi kita harus tetap memperhatikan kadar dosis saat menambah asupan zinc. Jika terlalu banyak mendapat asupan zinc, maka akan menyebabkan muntah, diare, dan sakit kepala. Kelebihan kandungan zinc di dalam tubuh juga akan menyebabkan tubuh mengalami kesulitan dalam penyerapan zat tembaga dan zat besi. Keadaan ini mengakibatkan tubuh akan lemah dan terkena anemia.

Asupan manfaat zinc juga harus di jaga agar tidak mengalami kekurangan kandungan zinc di dalam tubuh. jika tubuh mengalami kekurangan zat zinc maka akan terjadi defisiensi zinc yang menimbulkan terhambatnya pertumbuhan, penurunan berat badan, dan juga kerontokan pada rambut.

Baca juga: Manfaat Dan Dampak Isoleusin Untuk Tubuh Manusia

Sumber Makanan Yang Mengandung Zinc

Untuk menambah kadar zinc di dalam tubuh, ada banyak sekali jenis makanannya. Kadang makanan yang mengandung protein tinggi juga akan memiliki kandungan zinc yang tinggi pula. Berikut ini beberapa jenis makanan yang kaya akan kandungan zinc :

1. Tiram atau kerang: Tingginya kandungan protein di dalam kerang juga membawa kandungan manfaat zinc yang tinggi. Sehingga asupan zinc akan tercukupi.

2. Daging Merah: Jenis daging merah memang sangat lezat. Di sisi lain daging merah juga mengandung banyak manfaat zinc di dalamnya. Semakin pekat warna daging maka semakin tinggi kadar zincnya. Tapi harus tetap di perhatikan dalam mengkonsumsi daging merah, karena mengandung kolesterol tinggi.

3. Telur: Telur memiliki kadar zinc yang cukup untuk memenuhi asupan zinc pada tubuh

4. Susu: Susu memang sangat bermanfaat apalagi bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Selain kandungan kalsium, kandungan zinc di dalamnya juga membantu proses pertumbuhan tulang.

Selain semua jenis makanan di atas, manfaat zinc juga bisa di dapat dari roti, kacang-kacangan, dan juga ikan. Untuk para vegetarian, memang sayuran memiliki kandungan zinc tapi zinc tersebut sulit untuk di serap oleh tubuh. Jadi bisa dibantu menggunakan suplemen zinc.

Cari Artikel Lainnya